Pengikut

Rabu, 11 April 2012

analisis soal


Vita Anggara Sakti 292010159 RS10F
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS )
Kelas / Semester          : IV / I
Standar Kompetensi   : 1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten / kota dan provinsi.

Kompetensi Dasar       :
1.1  Membaca peta lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala sederhana.
1.2  Mendeskripsikan kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi serta hubungannya dengan keragaman sosial budaya.
1.3  Menunjukkan jenis dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat.
1.4  Menghargai keragaman suku bangsa dan  budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi).
1.5  Menghargai berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi) dan menjaga kelestariannya.
1.6  Meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh dilingkungannya.

Indikator         :
1.      Membaca simbol / lambang dalam peta kabupaten / kota propinsi dengan menggunakan skala sederhana
2.      Menyebutkan macam-macam kenampakan alam di lingkungan kabupaten / kota dan propinsi
3.      Menjelaskan hubungan kenampakan alam dengan keragaman sosial budaya
4.      Menyebutkan jenis sumber daya alam yang ada di lingkungan setempat
5.      Menyebutkan persebaran sumber daya alam dan pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
6.      Mengenali suku bangsa dan budaya setempat
7.      Memberi contoh cara menghargai keragaman budaya
8.      Menyebutkan peninggalan sejarah di lingkungan setempat
9.      Menjelaskan cara melestarikan peninggalan sejarah di lingkungan setempat
10.  Menerapkan sikap kepahlawanan dan patriotisme dalam kehidupan sehari-hari
KISI - KISI
No
Indikator
Jml soal
Ranah yg dinilai
Tingkat kesukaran
1
Indikator 1
3 ( 1,2,3 )
Ingatan
Sangat Mudah
2
Indikator 2
3 ( 4,5,6 )
Ingatan
Mudah
3
Indikator 3
3 ( 19,20,21 )
Pemahaman
Sukar
4
Indikator 4
3 ( 7,8,9 )
Ingatan
Sedang
5
Indikator 5
3 ( 10,11,12 )
Ingatan
Sedang
6
Indikator 6
3 (13,14,15 )
Ingatan
Sedang
7
Indikator 7
3 ( 22,23,24 )
Pemahaman
Sukar
8
Indikator 8
3 ( 16,17,18 )
Ingatan
Sukar
9
Indikator 9
3 ( 25,26,27 )
Pemahaman
Sangat Sukar
10
Indikator 10
3 ( 28,29,30 )
Analisis
Sangat Sukar

Soal Pilihan Ganda
1.           Ini merupakan simbol…
a.       Jalan raya
b.      Jalan tol
c.       Sungai
d.      Gunung berapi

2.      Dibawah ini yang merupakan simbol sungai adalah…
a.        
b.     
 
c.        
d.       




3.      Gambar disamping merupakan simbol…
a.       Danau
b.      Laut
c.       Sungai
d.      Negara

4.      Kenampakan alam yang memiliki ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan air laut adalah…
a.       Dataran tinggi
b.      Pegunungan
c.       Dataran rendah
d.      Pantai

5.      Nelayan, banyak kita temukan di daerah…
a.       Pantai
b.      Perkotaan
c.       Perdesaan
d.      Dataran tinggi

6.      Di daerah pedesaan sebagian besar penduduknya bermatapencarian sebagai…
a.       Pedagang
b.      Pengusaha
c.       Petani
d.      Pesulap

7.      Untuk bernafas, mahkluk hidup membutuhkan…
a.       Oksigen
b.      Karbondioksida
c.       Air
d.      Tanah

8.      Sebutkan SDA yang dapat diperbaharui…
a.       Tanah, sapi, emas
b.      Tanah, sapi, nikel
c.       Air, udara, besi
d.      Sapi, air, tanah

9.      Sebutkan SDA yang tidak dapat diperbaharui…
a.       Sapi, air, tanah
b.      Air, udara, besi
c.       Besi, nikel,emas
d.      Besi, nikel, air

10.  Di daerah Kalimantan banyak sekali SDA berupa…
a.       Aspal, mangan
b.      Mangan, timah putih
c.       Batubara, intan
d.      Aspal, Timah

11.  Di daerah padang rumput banyak sekali hewan ternak yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, seperti dimanfaatkan…
a.       Suara, tenaga,daging
b.      Suara, daging, tenaga
c.       Daging, telur, belalai
d.      Daging, telur, tenaga

12.  Buku-buku yang kita pakai berasal dari…
a.       Kayu di hutan
b.      Serat tumbuhan
c.       Kulit binatang
d.      Bahan tambang di pegunungan

13.  Rebana adalah alat musik tradisional dari…
a.       Bali
b.      Aceh
c.       Jawa Barat
d.      Jawa Timur

14.  Upacara adat banyak dilakukan pada masyarakat di bawah ini, kecuali…
a.       perkotaan
b.      keraton
c.       pedesaan
d.      pedalaman

15.  Rumah adat joglo berasal dari…
a.       Sumbar
b.      Jawa Barat
c.       Jawa tengah
d.      Jawa Timur

16.  Salah satu peninggalan sejarah bercorak Islam adalah . . . .
a.       Candi, arca
b.      Kaligrafi, masjid
c.       Kaligrafi, arca
d.      Prasasti, arca

17.  Peninggalan candi yang bercorak Budhha antara lain…
a.       Prambanan, kalasan, borobodur
b.      Kalasan, borobudur, mendut
c.       Candi gedong songo, mendut, prambanan
d.      Yupa, kalasan, mendut

18.  Prasasti yang berasal dari Jawa Timur antara lain…
a.       Yupa, gajah mada,brumbung
b.      Brumbung, gajahmada, kudadu
c.       Pasir awi, gajah mada, yupa
d.      Yupa, pasir awi, kudadu

19.  Di daerah bagian timur,kebanyakan makanan pokoknya berasal dari ketela. Hal ini dikarenakan…
a.       Subur tanahnya dan udaranya panas
b.      Tanah disana kurang subur dan panas
c.       Tanah sangat subur dan udara sejuk
d.      Tanah sangat subur dan udara panas

20.  Susi tinggal di daerah Kopeng. Tiap hari dia selalu memakai pakaian tebal dan panjang dan juga dia selalu berada di depan tungku. Mengapa Susi melakukan ini?
a.       Di Kopeng udaranya sangat dingin, sehingga dia membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak panas dan menghangatkan tubuhnya.
b.      Di Kopeng udaranya sangat panas, sehingga dia membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak dingin.
c.       Di Kopeng udaranya sangat dingin, sehingga dia membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak dingin dan menghangatkan tubuhnya.
d.      Di Kopeng udaranya sangat panas, sehingga dia membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak dingin dan menghangatkan tubuhnya.

21.  Masyarakat kota sudah mulai meninggalkan upacara adat. Ini berbeda sekali dengan masyarakat yang ada di desa, karena…
a.       Masyarakat desa sudah luntur kekeluargaanya dan tidak menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan tidak terlalu mementingkan upacara adat.
b.      Masyarakat desa masih sangat erat kekeluargaanya dan tidak menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan tidak terlalu mementingkan upacara adat.
c.       Masyarakat desa masih sangat erat kekeluargaanya dan masih menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan sangat mementingkan upacara adat.
d.      Masyarakat desa masih sangat erat kekeluargaanya dan masih menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan tidak terlalu mementingkan upacara adat.

22.  Sikap yang harus kita lakukan ketika kita melihat orang pedalaman yang hanya memakai koteka adalah…
a.       menertawakannya
b.      Menghormati dan tidak mengejeknya
c.       Menyuruh menggunakan pakaian
d.      Acuh tak acuh

23.  Sikap yang harus kita lakukan terhadap kebudayaan daerah lain yaitu…
a.       Merasa memiliki kebudayaan itu sebagai kebudayaan Nasional
b.      Menganggap kebudayaan itu lebih buruk dari kebudayaan kita
c.       Merasa asing dan tidak terlalu memikirkannya
d.      Mencari kelemahan dari kebudayaan itu untuk menjatuhkannya

24.  Mempelajari kebudayaan suku bangsa lain akan mempunyai nilai positif seperti di bawah ini, kecuali…
a.       Lebih mencintai suku kebudayaan bangsa lain
b.      Memperluas wawasan seseorang
c.       Menambah pengetahuan seseorang
d.      Menambah pengalaman seseorang

25.  Upaya pelestarian peninggalan sejarah adalah dengan . . . .
a.       menghancurkannya
b.      menjual dengan harga tinggi
c.       mencorat-coret
d.      mengadakan inventarisasi
26.  Bu Maya mengajak murid-muridnya mengunjungi museum Palagan Ambarawa. Ternyata ada salah satu siswa yang jail dan ingin merusak salah satu peninggalan sejarah. Kalau kalian melihat kejadian tersebut apa yang akan kalian lakukan…
a.       Menyuruhnya agar tidak melakukan itu karena salah satu cara melestarikan peninggalan sejarah yaitu dengan menjaganya dan tidak merusaknya.
b.      Membiarkannya dan pura-pura tidak tahu
c.       Ikut merusaknya
d.      Memarahi teman tersebut

27.  Mengapa benda-benda sejarah dalam penyimpanannya harus diadakan inventarisasi?
a.       Menghindari kekeliruan, kehilangan, kerusakan, serta penertipan administrasi
b.      Karena itu merupakan perintah Pemerintah
c.       Supaya tahu siapa penemunya
d.      Memudahkan petugas dalam menjelaskan kepada penunjung museum

28.  Sikap yang harus kita kembangkan bila menerima suatu kekalahan adalah . . . .
a.       menangis
b.      jiwa besar
c.       kecewa
d.      putus asa

29.  Bila kita selalu gagal mengerjakan tugas, yang harus dilakukan adalah . . . .
a.       minta bantuan orang lain
b.      menyuruh orang tua menyelesaikan
c.       selalu giat belajar dan berlatih
d.      meninggalkan tugas begitu saja
30.  Kita mau memberikan bantuan kepada orang lain pada keadaan . . . .
a.       kapan saja
b.      berlebih
c.       kekurangan
d.      terpaksa
Tingkat kesukaran dan Daya beda

1.      Tingkat kesukaran, yaitu membagi banyaknya siswa yang menjawab benar dengan jumlah soal seluruhnya.
Soal 1       : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 2       : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 3       : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 4       : 20/30 = 0,67  à mudah
Soal 5       : 21/30 = 0,7    à mudah
Soal 6       : 17/30 = 0,57  à sedang
Soal 7       : 26/30 = 0,87  à sangat mudah
Soal 8       : 18/30 = 0,6    à mudah
Soal 9       : 16/30 = 0,53  à sedang
Soal 10     : 27/30 = 0,9    à sangat mudah
Soal 11     : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 12     : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 13     : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 14     : 28/30 = 0,93  à sangat mudah
Soal 15     : 15/30 = 0,5    à sedang
Soal 16     : 28/30 = 0,93  à sangat mudah
Soal 17     : 16/30 = 0,53  à sedang
Soal 18     : 25/30 = 0,83  à sangat mudah
Soal 19     : 19/30 = 0,63  à mudah
Soal 20     : 23/30 = 0,77  à mudah
Soal 21     : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 22     : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 23     : 30/30 = 1       à sangat mudah
Soal 24     : 18/30 = 0,6    à mudah
Soal 25     : 15/30 = 0,5    à sedang
Soal 26     : 15/30 = 0,5    à sedang
Soal 27     : 0/30 = 0         à sangat sulit
Soal 28     : 26/30 = 0,87  à sangat mudah
Soal 29     : 27/30 = 0,9    à sangat mudah
Soal 30     : 20/30 = 0,67  à mudah

ANALISIS KESESUAIAN

No soal
Kesesuaian menurut kisi-kisi
Kesesuaian menurut perhitungan
Sesuai/tidak
1
Sangat mudah
Sangat mudah
Sesuai
2
Sangat mudah
Sangat mudah
Sesuai
3
Sangat mudah
Sangat mudah
Sesuai
4
Mudah
Mudah
Sesuai
5
Mudah
Mudah
Sesuai
6
Mudah
Sedang
Tidak
7
Sedang
Sangat mudah
Tidak
8
Sedang
Mudah
Tidak
9
Sedang
Sedang
Sesuai
10
Sedang
Sangat mudah
Tidak
11
Sedang
Sangat mudah
Tidak
12
Sedang
Sangat mudah
Tidak
13
Sedang
Sangat mudah
Tidak
14
Sedang
Sangat mudah
Tidak
15
Sedang
Sedang
Sesuai
16
Sukar
Sangat mudah
Tidak
17
Sukar
Sedang
Tidak
18
Sukar
Sangat mudah
Tidak
19
Sukar
Mudah
Tidak
20
Sukar
Mudah
Tidak
21
Sukar
Sangat mudah
Tidak
22
Sukar
Sangat mudah
Tidak
23
Sukar
Sangat mudah
Tidak
24
Sukar
Mudah
Tidak
25
Sangat sukar
Sedang
Tidak
26
Sangat sukar
Sedang
Tidak
27
Sangat sukar
Sangat sukar
Sesuai
28
Sangat Sukar
Sangat mudah
Tidak
29
Sangat Sukar
Sangat mudah
Tidak
30
Sangat Sukar
Mudah
Tidak

Tidak ada komentar:

Posting Komentar