Vita Anggara Sakti 292010159 RS10F
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
Kelas /
Semester : IV / I
Standar Kompetensi :
1. Memahami sejarah, kenampakan alam dan keragaman suku bangsa di lingkungan
kabupaten / kota dan provinsi.
Kompetensi Dasar :
1.1 Membaca peta
lingkungan setempat (kabupaten/kota provinsi) dengan menggunakan skala
sederhana.
1.2 Mendeskripsikan
kenampakan alam di lingkungan kabupaten/kota dan propinsi serta hubungannya
dengan keragaman sosial budaya.
1.3 Menunjukkan jenis
dan persebaran sumber daya alam serta pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di
lingkungan setempat.
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa
dan budaya setempat (kabupaten/kota,
provinsi).
1.5 Menghargai
berbagai peninggalan sejarah di lingkungan setempat (kabupaten/kota, provinsi)
dan menjaga kelestariannya.
1.6 Meneladani kepahlawanan dan
patriotisme tokoh-tokoh dilingkungannya.
Indikator :
1. Membaca simbol / lambang dalam peta kabupaten /
kota propinsi dengan menggunakan skala sederhana
2. Menyebutkan macam-macam kenampakan alam di
lingkungan kabupaten / kota dan propinsi
3. Menjelaskan hubungan kenampakan alam dengan keragaman
sosial budaya
4. Menyebutkan jenis sumber daya alam yang ada di
lingkungan setempat
5. Menyebutkan persebaran sumber daya alam dan
pemanfaatannya untuk kegiatan ekonomi di lingkungan setempat
6. Mengenali suku bangsa dan budaya setempat
7. Memberi contoh cara menghargai keragaman budaya
8. Menyebutkan peninggalan sejarah di lingkungan
setempat
9. Menjelaskan cara melestarikan peninggalan
sejarah di lingkungan setempat
10. Menerapkan sikap kepahlawanan dan patriotisme
dalam kehidupan sehari-hari
KISI
- KISI
No
|
Indikator
|
Jml soal
|
Ranah yg
dinilai
|
Tingkat
kesukaran
|
1
|
Indikator 1
|
3 ( 1,2,3 )
|
Ingatan
|
Sangat Mudah
|
2
|
Indikator 2
|
3 ( 4,5,6 )
|
Ingatan
|
Mudah
|
3
|
Indikator 3
|
3 ( 19,20,21
)
|
Pemahaman
|
Sukar
|
4
|
Indikator 4
|
3 ( 7,8,9 )
|
Ingatan
|
Sedang
|
5
|
Indikator 5
|
3 (
10,11,12 )
|
Ingatan
|
Sedang
|
6
|
Indikator 6
|
3 (13,14,15
)
|
Ingatan
|
Sedang
|
7
|
Indikator 7
|
3 (
22,23,24 )
|
Pemahaman
|
Sukar
|
8
|
Indikator 8
|
3 (
16,17,18 )
|
Ingatan
|
Sukar
|
9
|
Indikator 9
|
3 (
25,26,27 )
|
Pemahaman
|
Sangat
Sukar
|
10
|
Indikator
10
|
3 (
28,29,30 )
|
Analisis
|
Sangat Sukar
|
Soal Pilihan Ganda
1.
Ini
merupakan simbol…
a.
Jalan raya
b.
Jalan tol
c.
Sungai
d.
Gunung berapi
2.
Dibawah ini yang merupakan simbol
sungai adalah…
a.
b.
c.
d.
3.
Gambar disamping merupakan
simbol…
a.
Danau
b.
Laut
c.
Sungai
d.
Negara
4.
Kenampakan alam yang memiliki
ketinggian lebih dari 600 meter di atas permukaan air laut adalah…
a.
Dataran tinggi
b.
Pegunungan
c.
Dataran rendah
d.
Pantai
5.
Nelayan, banyak kita temukan di daerah…
a.
Pantai
b.
Perkotaan
c.
Perdesaan
d.
Dataran tinggi
6.
Di daerah pedesaan sebagian besar penduduknya
bermatapencarian sebagai…
a.
Pedagang
b.
Pengusaha
c.
Petani
d.
Pesulap
7.
Untuk bernafas, mahkluk hidup membutuhkan…
a.
Oksigen
b.
Karbondioksida
c.
Air
d.
Tanah
8.
Sebutkan SDA yang dapat diperbaharui…
a.
Tanah, sapi, emas
b.
Tanah, sapi, nikel
c.
Air, udara, besi
d.
Sapi, air, tanah
9.
Sebutkan SDA yang tidak dapat diperbaharui…
a.
Sapi, air, tanah
b.
Air, udara, besi
c.
Besi, nikel,emas
d.
Besi, nikel, air
10. Di daerah
Kalimantan banyak sekali SDA berupa…
a.
Aspal, mangan
b.
Mangan, timah putih
c.
Batubara, intan
d.
Aspal, Timah
11. Di daerah
padang rumput banyak sekali hewan ternak yang dapat dimanfaatkan dalam
kehidupan sehari-hari, seperti dimanfaatkan…
a.
Suara, tenaga,daging
b.
Suara, daging, tenaga
c.
Daging, telur, belalai
d.
Daging, telur, tenaga
12. Buku-buku
yang kita pakai berasal dari…
a.
Kayu di hutan
b.
Serat tumbuhan
c.
Kulit binatang
d.
Bahan tambang di pegunungan
13. Rebana
adalah alat musik tradisional dari…
a.
Bali
b.
Aceh
c.
Jawa Barat
d.
Jawa Timur
14. Upacara
adat banyak dilakukan pada masyarakat di bawah ini, kecuali…
a. perkotaan
b.
keraton
c.
pedesaan
d.
pedalaman
15. Rumah
adat joglo berasal dari…
a.
Sumbar
b.
Jawa Barat
c.
Jawa tengah
d.
Jawa Timur
16. Salah satu
peninggalan sejarah bercorak Islam adalah . . . .
a.
Candi, arca
b.
Kaligrafi, masjid
c.
Kaligrafi, arca
d.
Prasasti, arca
17. Peninggalan
candi yang bercorak Budhha antara lain…
a.
Prambanan, kalasan, borobodur
b.
Kalasan, borobudur, mendut
c.
Candi gedong songo, mendut, prambanan
d.
Yupa, kalasan, mendut
18. Prasasti
yang berasal dari Jawa Timur antara lain…
a.
Yupa, gajah mada,brumbung
b.
Brumbung, gajahmada, kudadu
c.
Pasir awi, gajah mada, yupa
d.
Yupa, pasir awi, kudadu
19. Di daerah
bagian timur,kebanyakan makanan pokoknya berasal dari ketela. Hal ini
dikarenakan…
a.
Subur tanahnya dan udaranya panas
b.
Tanah disana kurang subur dan panas
c.
Tanah sangat subur dan udara sejuk
d.
Tanah sangat subur dan udara panas
20. Susi
tinggal di daerah Kopeng. Tiap hari dia selalu memakai pakaian tebal dan
panjang dan juga dia selalu berada di depan tungku. Mengapa Susi melakukan ini?
a.
Di Kopeng udaranya sangat dingin, sehingga dia
membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak panas dan
menghangatkan tubuhnya.
b.
Di Kopeng udaranya sangat panas, sehingga dia
membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak dingin.
c.
Di Kopeng udaranya sangat dingin, sehingga dia
membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak dingin dan
menghangatkan tubuhnya.
d.
Di Kopeng udaranya sangat panas, sehingga dia
membutuhkan sesuatu untuk melindungi tubuhnya agar tidak dingin dan
menghangatkan tubuhnya.
21. Masyarakat
kota sudah mulai meninggalkan upacara adat. Ini berbeda sekali dengan
masyarakat yang ada di desa, karena…
a.
Masyarakat desa sudah luntur kekeluargaanya dan
tidak menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan
tidak terlalu mementingkan upacara adat.
b.
Masyarakat desa masih sangat erat kekeluargaanya dan
tidak menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan
tidak terlalu mementingkan upacara adat.
c.
Masyarakat desa masih sangat erat kekeluargaanya dan
masih menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan
sangat mementingkan upacara adat.
d.
Masyarakat desa masih sangat erat kekeluargaanya dan
masih menjaga budaya sedangkan masyarakat kota sudah beragam kebudayaannya dan
tidak terlalu mementingkan upacara adat.
22. Sikap
yang harus kita lakukan ketika kita melihat orang pedalaman yang hanya memakai
koteka adalah…
a.
menertawakannya
b.
Menghormati dan tidak mengejeknya
c.
Menyuruh menggunakan pakaian
d.
Acuh tak acuh
23. Sikap
yang harus kita lakukan terhadap kebudayaan daerah lain yaitu…
a.
Merasa memiliki kebudayaan itu sebagai kebudayaan
Nasional
b.
Menganggap kebudayaan itu lebih buruk dari
kebudayaan kita
c.
Merasa asing dan tidak terlalu memikirkannya
d.
Mencari kelemahan dari kebudayaan itu untuk
menjatuhkannya
24. Mempelajari
kebudayaan suku bangsa lain akan mempunyai nilai positif seperti di bawah ini, kecuali…
a.
Lebih mencintai suku kebudayaan bangsa lain
b.
Memperluas wawasan seseorang
c.
Menambah pengetahuan seseorang
d.
Menambah pengalaman seseorang
25. Upaya
pelestarian peninggalan sejarah adalah dengan . . . .
a.
menghancurkannya
b.
menjual dengan harga tinggi
c.
mencorat-coret
d.
mengadakan inventarisasi
26. Bu Maya
mengajak murid-muridnya mengunjungi museum Palagan Ambarawa. Ternyata ada salah
satu siswa yang jail dan ingin merusak salah satu peninggalan sejarah. Kalau
kalian melihat kejadian tersebut apa yang akan kalian lakukan…
a.
Menyuruhnya agar tidak melakukan itu karena salah
satu cara melestarikan peninggalan sejarah yaitu dengan menjaganya dan tidak
merusaknya.
b.
Membiarkannya dan pura-pura tidak tahu
c.
Ikut merusaknya
d.
Memarahi teman tersebut
27. Mengapa
benda-benda sejarah dalam penyimpanannya harus diadakan inventarisasi?
a.
Menghindari kekeliruan, kehilangan, kerusakan, serta
penertipan administrasi
b.
Karena itu merupakan perintah Pemerintah
c.
Supaya tahu siapa penemunya
d.
Memudahkan petugas dalam menjelaskan kepada
penunjung museum
28. Sikap yang
harus kita kembangkan bila menerima suatu kekalahan adalah . . . .
a.
menangis
b.
jiwa besar
c.
kecewa
d.
putus asa
29. Bila kita
selalu gagal mengerjakan tugas, yang harus dilakukan adalah . . . .
a.
minta bantuan orang lain
b.
menyuruh orang tua menyelesaikan
c.
selalu giat belajar dan berlatih
d.
meninggalkan tugas begitu saja
30. Kita mau
memberikan bantuan kepada orang lain pada keadaan . . . .
a.
kapan saja
b.
berlebih
c.
kekurangan
d.
terpaksa
Tingkat kesukaran dan Daya beda
1.
Tingkat kesukaran, yaitu membagi banyaknya siswa
yang menjawab benar dengan jumlah soal seluruhnya.
Soal 1 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 2 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 3 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 4 : 20/30 = 0,67 à mudah
Soal 5 : 21/30 = 0,7 à mudah
Soal 6 : 17/30 = 0,57 à sedang
Soal 7 : 26/30 = 0,87 à sangat
mudah
Soal 8 : 18/30 = 0,6 à mudah
Soal 9 : 16/30 = 0,53 à sedang
Soal 10 : 27/30 = 0,9 à sangat
mudah
Soal 11 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 12 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 13 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 14 : 28/30 = 0,93 à sangat
mudah
Soal 15 : 15/30 = 0,5 à sedang
Soal 16 : 28/30 = 0,93 à sangat
mudah
Soal 17 : 16/30 = 0,53 à sedang
Soal 18 : 25/30 = 0,83 à sangat
mudah
Soal 19 : 19/30 = 0,63 à mudah
Soal 20 : 23/30 = 0,77 à mudah
Soal 21 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 22 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 23 : 30/30 = 1 à sangat mudah
Soal 24 : 18/30 = 0,6 à mudah
Soal 25 : 15/30 = 0,5 à sedang
Soal 26 : 15/30 = 0,5 à sedang
Soal 27 : 0/30 = 0 à sangat sulit
Soal 28 : 26/30 = 0,87 à sangat
mudah
Soal 29 : 27/30 = 0,9 à sangat
mudah
Soal 30 : 20/30 = 0,67 à mudah
ANALISIS
KESESUAIAN
No soal
|
Kesesuaian
menurut kisi-kisi
|
Kesesuaian
menurut perhitungan
|
Sesuai/tidak
|
1
|
Sangat mudah
|
Sangat mudah
|
Sesuai
|
2
|
Sangat mudah
|
Sangat mudah
|
Sesuai
|
3
|
Sangat mudah
|
Sangat mudah
|
Sesuai
|
4
|
Mudah
|
Mudah
|
Sesuai
|
5
|
Mudah
|
Mudah
|
Sesuai
|
6
|
Mudah
|
Sedang
|
Tidak
|
7
|
Sedang
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
8
|
Sedang
|
Mudah
|
Tidak
|
9
|
Sedang
|
Sedang
|
Sesuai
|
10
|
Sedang
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
11
|
Sedang
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
12
|
Sedang
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
13
|
Sedang
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
14
|
Sedang
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
15
|
Sedang
|
Sedang
|
Sesuai
|
16
|
Sukar
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
17
|
Sukar
|
Sedang
|
Tidak
|
18
|
Sukar
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
19
|
Sukar
|
Mudah
|
Tidak
|
20
|
Sukar
|
Mudah
|
Tidak
|
21
|
Sukar
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
22
|
Sukar
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
23
|
Sukar
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
24
|
Sukar
|
Mudah
|
Tidak
|
25
|
Sangat sukar
|
Sedang
|
Tidak
|
26
|
Sangat sukar
|
Sedang
|
Tidak
|
27
|
Sangat sukar
|
Sangat sukar
|
Sesuai
|
28
|
Sangat Sukar
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
29
|
Sangat Sukar
|
Sangat mudah
|
Tidak
|
30
|
Sangat Sukar
|
Mudah
|
Tidak
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar